@font-face { font-family: "zerro"; src: url(https://sites.google.com/site/amiengblog/kumpulan-fonts/zero.ttf) format("truetype"); }
Headlines News :

Home » » Pembuatan Nata De Banana

Pembuatan Nata De Banana

Written By Sri Purwanta on Jumat, 15 November 2013 | 21.37



Minuman segar dari kulit pisang (Nata De Banana)
Fokus dan kerjakan apa yang kamu senangi, buat cerita sendiri dan buat jalan sendiri. Jangan jadi orang yang ingin bisa semua tapi kemampuanya setengah–setengah. Jadilah orang yang menguasi satu bidang dengan kemampuan maksimal dan pastikan tidak ada orang yang dapat menyaingimu. ( Gin Gin Cahya)



Oke bro langsung saja saya akan sedikit menyumbangkan ilmu saya atau menyimpan pengetahuan saya di dalam suatu tulisan, tapi saya minta maaf kalo bahasanya sedikit ancur. Disini saya akan menerangkan bagaimana caranya membuat nata. Nata yang saya maksud adalah suatu makanan berwarna putih, kenyal dan rasanya tawar. Nata de coco adalah salah satu contoh nata yang sering kalian dengar ataupun makan. Nata biasanya selalu disajikan dalam bentuk minuman yang ditambahkan sirup sebagai pemanisnya.


Pembuatan nata de coco berasal dari bahan baku air kelapa asli dengan ditambah glukosa dan difermentasi dengan bakteri . Nah yang saya akan bahas disini adalah nata yang berasal dari kulit pisang pemirsah. Kulit pisang ternyata mempunyai kandungan glukosa seperti halnya yang terdapat pada air kelapa. Sekitar 18 % glukosa terdapat pada kulit pisang.

Agan-agan yang berminat usaha minuman segar dan inovatif. Nata de Banana salah satu contohnya pemirsa. Daripada kita membuang kulit pisang mendingan kita olah kulit pisang jadi minuman penyegar yang enak bray. Yang kita perlukan disini mengetahui cara-cara membuat nata de banana sesuai dengan ilmu bioteknologi atau bioproses. Di bawah ini saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat nata dari kulit pisang. Cara pembuatan nata de banana ini berasal dari beberapa penelitian dan tugas akhir di kampus saya cuman penjelasanya lebih ringan. Cekidot!!!

1.      Mempunyai starter A. xylinum
Proses fermentasi pembuatan nata biasanya menggunakan A. xylinum gan. Bakteri ini biasanya dijual didalam media agar miring gan. Nah kalo pengen lebih simple nya agan-agan bisa beli starter A.xylinum yang digunakan membuat nata de coco. Kalo agan berminat saya bisa bantu cariin gan ke tempat penjualan starter A. xylinum ini.

2.      Pembuatan ekstrak kulit pisang
Agan agan kumpulin kulit pisang, pilih lah kulit pisang yang masih bagus gan. Kerok lah daging kulit pisangnya dengan sendok. Karena daging ini lah yang banyak mengandung glukosa. Jangan sampai kulit pisang yang terluarnya ikut terbawa, karena mengandung getah yang menghambat pertumbuhan bakteri.
Kerok kulit pisang sampai 400 gram (contoh) lalu tambahin air yang matang sebanyak 1200 ml ( perbandingan 1:3). Pencampuran ini biasanya menghasilkan ampas dan ekstrak kulit pisang. Pemisahan dilakukan dengan saringan atau dengan kain. Yang nanti di pakai adalah ekstrak kulit pisangnya. Kemudian tambahkan 15% gula pasir dan 1% ammonium sulfat ke dalam ekstrak kulit pisang. Ekstrak kulit pisang ini harus steril gan makanya di rebus selama 15 menit. Sebelum di rebus ekstrak kulit pisang disimpan di wadah dan ditutup dengan kertas koran pemirsa. Setelah steril tambahkan asam asetat glasial sampai pH 4.

3.      Pembuatan Nata de banana
-       Starter A.xylinum 20% (v/v) dimasukkan ke dalam ekstrak kulit pisang steril
-      Simpan ektrak kulit pisang pada suhu 29-30oC selama 4-20 hari sehingga terbentuk lapisan nata.
-       Setelah 20 hari biasanya nata sudah terbentuk, dihasilkan produk padat nata de banana dan produk cair biasanya digunakan lagi sebagi starter.
-       Pencucian nata de banana dengan air
-       Perendaman nata de banana dengan NaOH 2% selama 24 jam
-       Penetralan nata de banana dengan pencucian kembali sampai pH 7

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai pembuatan nata de banana, bentuk dan rasa produknya tidak jauh berbeda dengan nata de coco. Untuk dijadikan minuman penyegar pastikan pencucian nata de banana sampai benar-benar pH netral. Yang serius ingin membuat nata de banana namun belum mengerti. Agan-agan bisa menghubungi saya lewat email atau facebook. InsyaAlloh saya bisa bantu gan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

flip foto

http://i.picasion.com/pic75/6947932114f5d48cbfe41d19f9b11138.gif
Teal Flaming
 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Drs. Sri Purwanta,M.Pd - All Rights Reserved
Template Design by maspurwanta