@font-face { font-family: "zerro"; src: url(https://sites.google.com/site/amiengblog/kumpulan-fonts/zero.ttf) format("truetype"); }
Headlines News :

Home » » Puisi Kimia

Puisi Kimia

Written By Sri Purwanta on Rabu, 18 Desember 2013 | 21.32




Asam dalam sebuah TITRASI
         
Aku ingin mengisi ruang orbital kosong di hatimu
Walau ku tahu kulit terluarmu tak mungkin ku gapai
Ikatanku terlalu pendek
Meski telah mengionkan atom cintaku
Dan menurunkan energi aktifasiku

Kau terlalu indah.....
Laksana logam-logam transisi yang dipijarkan
Kau bahkan seperti gas mulia
Yang tak mungkin ku dekati dengan ikatan apapun

Sedangkan aku.....
Hanyalah atom hidrogen
Yang cuma memiliki satu elektron
Yang tidak punya tempat dalam sistem tabel periodik
Meski valensiku satu, namun aku bukanlah logam alkali
Aku ada di sini, dalam golongan ini...
Hanya karena beberapa sifat ku yang mirip
Dan bukan karena seharusnya

Aku.......
Hanya mampu melihatmu dari kejauhan inti hatiku
Walau pada elektron valensiku masih tersimpan asa
Suatu hari dan satu waktu.....
kita dapat menjadi titrat dan titran dalam sebuah titrasi
Hingga tercapai titik kesetimbangan dan titik akhir perasaan kita
Terbentuk warna merah lembayung di hatimu
Sehingga tercipta ikatan koordinasi 
oleh elektron-elektron cinta yang kita sumbangkan bersama.

PUISI KESETIMBANGAN KIMIA


Andai

Andai …
Hidup ini bersifat reversible
Ku ingin hidupku kan fleksibel
Beradaptasi dimanapun hingga orang tak sebel

Andai …
Hidup ini selalu seimbang
Ku ingin melangkah tanpa bimbang
Hingga masa depanku kan berkembang

Andai …
Hukum kesetimbangan berlaku dalam diriku
Faktor apapun tak mampu ganggu kebahagiaanku
Ahh .. paling hanya sedikit menggeser keseimbangan hatiku

Andai …
Ada terpaan konsentrasi di reaktan hatiku
Ku coba tepis dengan langkah seribu
Tuk menuju ke arah produk batinku

Andai …
Hembusan nafas membelai endoterm kalbuku
Kan ku rengkuh tuk panasi tubuhku
Ciptakan eksoterm lelehkan kebekuanku

Andai …
Hadir katalis dalam asmara jiwaku
Pastikan kini dia telah jadi kekasihku
Tanpa harus keluarkan energi tuk merayu

Oh andaikan semua bisa diandai-andai
Semua impian bisa jadi realita
Namun hidup ini adalah nyata
Semua telah diatur yang Kuasa

HIDUPKU


Aku adalah laju reaksi
Hidupku takkan lengkap
Tanpa produk dan reaktan, sahabatku
Mereka selalu ada
Saat aku bertambah atau berkurang

            Dalam hidupku banyak faktor yang mempengaruhi
Salah satunya adalah konsentrasi pereaksi
Jika ia membesar,
Aku juga membesar, dan sebaliknya
Saat ia mengecil,
Akupun turut mengecil

Tapi, adanya energy penghalang
Juga sering membuat semua reaksiku terjadi semakin lambat
Ia biasa di panggil Energi Pengaktifan
Atau akrabnya Energy Aktivasi

      Terkadang kehidupan ku pun tergantung
Pada konsentrasi awal zat pereaksi
Hingga suatu saat
Mereka menyebut ketergantungan ini
Sebagai sebuah Hukum Laju Reaksi

Natrium Klorida


Nacl adalah rumus kimiaku
Aku garam yang paling dikenal orang
Garam dapur adalah nama kerenku
Aku berasal dari reaksi Natrium hidroksida dan asam klorida
Wujudku Kristal putih
Aku bias larut di dalam air
 Aku juga bias melewati selaput semipermeabel

Aku adalah yang paling mempengaruhi salinitas laut

Kombinasi asam kuat dan basa kuat
Menjadikan Ph ku netral
Aku termasuk larutan elektrolit kuat
Karena aku terionisasi sempuran dalam air

Di antara semua garam yang ada
Akulah yang sangta banyak digunakan
Sifatku higroskopis
Orang menjadikanku sebagai pengawet makanan
Aku tidak berbahaya
Aku aman untuk dikonsumsi
Sehigga aku digunakan sebagai bumbu makanan

Aku adalah senyawa kimia
Yang sangat diperlukan kehidupan manusia
Karena tanpaku
Hidup akan terasa hambar


KARAT CINTA



Pudar sudah senyawa cinta dalam hatiku
Terlarut dalam setiap reaksi sendu duka beradu
Semua karena korosi cintamu
Menggrogoti kukuh jalinan Molekul rasa percayaku…….

Untaian karbon hablur tanpa warna
Yang indah menggelayut diujung jari-jari atom cintaku
Terosmosis asam sulfat yang kau alirkan

Kini………..

Ketika semua asa luluh di larutan asam basa
Tak sedikit pun kau lepaskan electron pedulimu
Untukku………
Jahannam. . . . !
Kurelakan kini lepaskan segala reaksi
Yang dulu pernah menjalin
Ikatan senyawa antara kita.

 

Otbital cintaku

Kala petang dating menjelang, nyanyian malam mulai mengumandang
Rasa rindu mengoyak hati, tak berdaya jiwa ini
Teringatku akan dirimu, kau buat perih hati ini
Bagai luka ditaburi garam, dan dipercik asam sulfat

Mengapa kau lakukan ini ?
Mengapa kau malah menerima unsur lain ?
Bukankah kau tahu, tanpa kau promosikan cintamu terlebih dahulu padaku
Telah kusediakan orbital cintaku untukmu, dan bukankah
Temanku telah menjadi katalisator untuk melrautkan cinta kita ke dalam sebuah bejana di hatiku
Bayanganmu semaki sulit ku cari, sepanjang waktu terus ku nanti
Namun, sia-sia. Kau tak dating jua
Dan, ketika ku melihatmu bersama dengan unsur lain, hatiku semakin teroksidasi
Kian kau adisi cintaku
Kau ubah derajat disosiasiku, yang sekarang tak lagi utuh seperti dulu
Seperti model atom Rutherford, yang tak stabil begitulah cintaku sekarang
Aku terus berjalan, bergerak menurut lintasan cintaku yang kian sepi
Aku ingin kau datang, dengan membawa ion-ion positif cintam,
Aku ingin kau datang melarutkan cintamu dan cintaku,
Aku ingin kau datang dan menjadikanku seperti gas ideal

Aku mohon,
Jangn terima unsure lain,
Aku ada disini menunggumu,
Reaksi cintamu akan kunanti,
Dan kuantum kasih sayangku, akan kusediakan di dalam bejana hatiku
Yang entah sampai kapan  kau isi dengan ion-ion positif cintami itu
AKU DAN BUNDAKU
Ketika aku berada di golongan VIIA
Bunda ku selalu ada di golongan IA
Walaupun kita terpisah jarak dalam system periodik unsur
Tetapi, ada ion-ion yang mengikat hati kita
Bunda…….
            Walaupun hati bersifat asam
            Dan dirimu bersifat basa
Tetapi, saat kita bersatu
Terbentuklah larutan yang netral
Taukah bunda…
Aku ingin stabil
Aku butuh uluran 1 elektron dari Mu
Penyempurna kekurangan elektron ku
Bagai gas mulia yang stabil
Dengan valensi nya 2 atau 8
            Bunda …
            Walaupun aku bersifat negatif
            Tapi engkau netral kan aku
            Dengan sifat positif Mu
Bunda , hatiku memang bersifat negatif
Tapi dirimu adalah basa
Dan ketika bersatu
Terbentuklah suatu larutan yang sangat damai
            Terima kasih bunda
            Untuk sifat basamu dan elektronmu
            Yang mampu netralkan unsurku
Tuhan
Hambamu bagaikan setitik atom kecil
Hanya bongkahan proton , neutron di dalamnya
Dan electron yang selalu mengitarinya
            Aku mohon
            Abadikan ikatan cintaku dengannya
            Agar senantiasa stabil
            Laksana gas mulia 

Puisi Rangkaian Cinta Kimia


Kau Bagaikan Jembatan garam dalam sel Cinta yang menyetarakan kation dan anion dalam larutan hatiku

Meskipun terkadang cinta kita mengalami Reaksi redoks yang menyebabkan kenaikan bilangan oksidasi distansi antara kita

Tapi aku yakin sel elektrolisis dalam hati kita akan selalu berguna untuk pemurnian prasangka kotor yang seperti logam itu

Saat aku diam sejenak memikirkan cinta kita, aku merasa cinta kita memiliki Hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi cinta kita tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan cinta kita, tetapi hanya berubah bentuk.

Membuat ku tak bisa menciptakan cinta lain selain mencintaimu ataupun memusnakannya saat kau mungkin tak bersamaku nanti karena aku merasa percuma, cintaku yang berharap memilikimu saat ini tidak akan dapat dimusnahkan dan hanya akan berubah, dengan berharap melihatmu bahagia,

Sejenak aku merasa bingung dengan Hukum kekekalan energi dalam cinta kita tapi setelah aku melihatnya dari Termokimia aku mengerti bahwa

Persamaan termokimia akan selalu ada untuk menyamakan reaksi kimia dan menyertakan perubahan entalpi rasa dalam hati kita

Entalpi rasa kita adalah jumlah energi rasa saling percaya yang kita miliki pada tekanan tetap.

Aku yakin dan berharap akan Kelarutan kisah cinta kita dalam satu kisah abadi yang akan menyatakan jumlah maksimum zat cinta kita dan rasa sayang kita yang dapat larut.

Meskipun kelarutan dipengaruhi banyak hal, tapi aku berharap kata-kata di atas sudah menjadi larutan jenuh.

Yang tidak akan menimbulkan efek apapun pada cinta kita saat ini, karna ini semua hanyalah sebuah puisi kimia yang aku buat untuk membuatmu merasakan Efek tyndall dari penghamburan berkas cahaya cintaku yang sangat terang oleh partikel-partikel koloid.

Share this article :

9 komentar:

  1. Salam hangat buk, ini karya yg sangat menarik, btw saya mau minta izin karya nya di aplikasikan ke dalam sebuah lagu, boleh gak? Terimakasi

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, bagus sekali.. ����

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Izin copy untuk tugas kk
    Sukaaa
    👏👏👏

    BalasHapus
  5. MaSyaaAllah bagus sekali puisinya, apalagi aku juga suka chemical

    BalasHapus

flip foto

http://i.picasion.com/pic75/6947932114f5d48cbfe41d19f9b11138.gif
Teal Flaming
 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Drs. Sri Purwanta,M.Pd - All Rights Reserved
Template Design by maspurwanta